Rabu, 06 Juli 2016

Serba Serbi Idul Fitri

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H
Minal Aidzin Wal Faizin Mohon Maaf lahir dan Batin

Akhirnya bulan Syawal sudah datang dan perayaan untuk meninggalkan bulan Ramadahan ya Idul Fitri. Idul Fitri itu sendiri sebenarnya berarti "kembali makan" (NB :ini hanya sebatas pemahaman kaena dalam bahasa Arab seharusnya Fitrah yang artinya Suci bukan fitri. Jadi jangan salah sangka dulu, boleh sih menyebutkan bahwa Idul Fitri sudah datang yang artinya selamat datang makanan *jangan dianggap serius and just pemhaman saya.

Lanjut ke judul Post ;)
ketika ramadhan hampir usai masyarakat indonesia biasanya disibukkan dengan beberapa hal bahkan bukan beberapa hl lagi melainkan banyak sekali, sampai sampai dompet jadi kering sangat :D
yah mungkin itu udah alur nya kali yak heheh. Cekidot

1. Takbiran
 Allaahu akbar.. Allaahu akbar.. Allaahu akbar.....
 Laa - ilaaha - illallaahu wallaahu akbar.
 Allaahu akbar walillaahil  hamd.

 Allaahu akbaru kabiiraa
 walhamdulillaahi katsiiraa,...
 wasubhaanallaahi bukrataw - wa ashillaa.

 Laa - ilaaha illallaahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahuddiina walau karihal -  kaafiruun.

 Laa - ilaaha - illallaahu wahdah,
 shadaqa wa'dah,
 wanashara 'abdah, -
 wa - a 'azza  jundahu wahazamal  ahzaaba wahdah.

 Laa - ilaaha illallaahu wallaahu akbar.
 Allaahu akbar walillaahil  hamd


Yap, ketika tanggal perayaan hari Raya Idul Fitri sudah ditetapkan oleh pemerintah atau sudah genap, takbir mulai berkumandang dari mulai Surau, Mushola, Masjid, dan Masjid Agung. takbir biasanya terus berkumandang sampai tengah malam dan banyak bedug yang dibunyikan sebagai pengiringnya.

2. Shalat Idul Fitri
 Nah, shalat sunah ini tidak boleh terlewat oleh siapapun, karena shalat Idul Fitri banyak manfaatnya dimana sebagai shalat permohonan maaf pada Allah sekaligus ada acara salam salaman ketika shalat sudah ditunaikan.

3. Ketupat Lebaran
 Siapa yang nggak suka sama makanan yang satu ini? pasti semuanya doyan kan, selain rasanya yang enak dan khas, masyarakat juga banyak yang membuatnya dirumah dan disajikan kepada tamu yang berdatangan.

4. Pecingan
 Pecingan atau sering disebut dengan Angpao dalam Cina. Kemungkinan istilah ini nampak asing bagi kalian "Pecingan" yang artinya uang yang didapat ketika berkujung ke sanak keluarga maupun tetangga yang biasanya diperoleh anak anak kecil. Nah, pasti paham kan :D

5. Halal Bil Halal
 Acara ini mungkin acara yang paling meriah di lingkungan keluarga dimana satu keturunan dari mulai kakek sampai cicit dikumpulkan di salah satu rumah yang sudah ditentuk sebelumnya. Halal bil Halal juga dapat di lakukan oleh siapa saja dimana salah satu dari mereka ingin mengumpulkan banyk orang untuk saling temu kangen dan salin minta maaf. Menyenangkan sekali yak :)

Diakhir post saya akan memberikan pendapat lagi heheh, tapi jangan diambil mentah mentah ataupun marh yak, dikarenakan ini merupakan ilmu yang baru saja kudapat dan hanya ingin membaginya.

*** Alur Permohonan Maaf Ketika Syawal atau Idul Fitri Datang ***
1. Memohon maaf kepada Allah SWT dengan melaksanakan Shalat Taubat 2 Rakaat
2. Kemudian Istighfar 7 kali
3. Memohon maaf kepada Jazakumullah Khairan (memohon maaf kepada para nabi, sahabat, malaikat, barangkali ketika mendapat petunjuk maupun arahan kebaikan kita menolaknya)
4. Maaf kepada keluarga yang sudah meninggal dengan bacaan Tahlil
5. Lalu baru Memohon maaf kepada Orang tua kita 


Cukup sekian post kali ini, tambahan tadi jangan diambil mentah mentah yak anggap saja ini hanya sebuah kata kata yang mempunyai sedikit arti hehe. Kalau mau diterima ya Syukur kalau tidak, no problem..

see yaa

0 komentar: